Keuntungan dan Kerugian Energi Tenaga Matahari (PLTS)


SatuEnergi.com. Tenaga surya adalah energi yang dihasilkan dari konversi energi matahari menjadi listrik. Sumber yang paling umum dari tenaga surya menggunakan sel fotovoltaik yang mengkonversi sinar matahari menjadi listrik. Fotovoltaik menggunakan semi-konduktor untuk menyerap radiasi dari matahari, ketika semi-konduktor menyerap radiasi, selnya mengalirkan elektron, yang dimanfaatkan sebagai listrik.


Keuntungan Energi Matahari

Energi surya merupakan sumber daya yang tidak hanya berkelanjutan (sustainable), akan tetapi juga dapat diperbaharui terus menerus (setidaknya sampai matahari habis dalam miliaran tahun). Tenaga surya dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, juga digunakan dalam teknologi yang relatif sederhana untuk memanaskan air (pemanas air matahari). Penggunaan skylight dalam konstruksi rumah juga dapat  mengurangi pengeluaran energi yang dibutuhkan untuk penerangan kamar dalam rumah di siang hari.

Sel Surya (http://cdn.slashgear.com/)


Panel surya juga membutuhkan sedikit perawatan. Setelah instalasi dan dioptimasi, panel ini sangat handal, karena faktanya mereka secara aktif menciptakan listrik dengan luasan hanya beberapa milimeter dan tidak memerlukan jenis bagian mekanis yang kemungkinan bisa gagal. Panel surya juga memproduksi energi dalam diam, tak usah khawatir tetangga protes karena kebisingan.

Keuntungan lainnya adalah operasional tenaga surya sangat minim polusi udara sehingga sangat ramah lingkungan

Kelemahan Energi Matahari



Kerugian utama dari tenaga surya adalah bahwa jelas energinya tidak dapat diproduksi di malam hari. Daya yang dihasilkan juga berkurang pada saat mendung (meskipun energi masih diproduksi pada saat mendung). Keluaran energi panel surya maksimal ketika panel langsung menghadap matahari. Ini berarti bahwa panel di lokasi yang tetap, seperti gedung di atas, akan berkurang produksinya ketika matahari tidak pada sudut yang optimal. Banyak PLTS skala besar yang mengatasi masalah ini dengan panel yang dapat melacak matahari untuk menjaga panel di sudut yang optimal sepanjang hari.

Hingga sekarang sel surya yang paling efisien hanya mampu mengkonversi lebih dari 20% dari sinar matahari menjadi listrik. Dengan meningkatnya kemajuan teknologi sel surya nomor ini cenderung meningkat. Selain efisiensi konversi yang rendah, panel surya dapat menjadi investasi awal yang cukup besar. Namun, biaya panel surya yang dikeluarkan hanya biaya awal, setelah membeli dan instalasi mereka menciptakan energi bebas untuk digunakan.

Baca Juga:




Sumber : http://www.tc.umn.edu/~dama0023/solar.html

Comments

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Studi tentang Tenaga Surya. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Studi Teknologi Surya yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Tenaga Surya.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Studi Tenaga Surya yang bisa anda kunjungi di Informasi Tenaga Surya

    ReplyDelete

Post a Comment